Selasa, 16 Oktober 2012

Ringkasan Materi PIK :)

Well, good night bloggers.. :) Now, I wanna making summaries for exam. Ujian Pengantar Ilmu Komunikasi nih ringkasan yang udah di ringkas dari buku . silahkan membaca.. semoga berguna :)

A. Fungsi komunikasi menurut beberapa ahli:

*Menurut William I Gorden
 Komunikasi memiliki beberapa fungsi yaitu :


  1. fungsi Komunikasi Sosial : terdiri dari - Pembentukan konsep diri. Konsep diri terbentuk karena pengaruh orang lain dan pandangan terhadap diri sendiri. - Eksistensi diri. komunikasi adalah cara untuk menunjukan bahwa kita ada. sebagai contoh dalam seminar atau rapat, dengan adanya pendapat serta pertanyaan merupakan salah satu tindakan untuk menunjukan diri / eksistensi diri. -Untuk kelangsungan hidup, memupuk hub dan memperoleh kebahagiaan. komunikasi sebagai salah satu cara untuk menjalin hubungan menjadi lebih baik. terdapat komunikasi fatik, di mana yang termasuk komunikasi fatik adalah komunikasi yang bertujuan untuk menumbuhkan kehangatan orang lain dengan cara melakukan suatu tindakan. seperti: cherrs, tos, bersalaman, dll.
  2. fungsi Komunikasi Ekspresif : mengutamakan komunikasi secara lisan dan menunjukan emosi yang positif. penyampaian pesan" atau perasaan" tersebut di komunikasikan secara non verbal. seperti : membelai rambut, berkacak pinggang dll. emosi juga dapat diekspresikan melalui puisi, novel, musik, tarian, lukisan dll. 
  3. Fungsi Komunikasi Ritual : Berkaitan dengan bagaimana untuk mengembangkan adat istiadat.  yang berpartisipasi dalam bentuk komunikasi ritual mengaskan komitmen yang telah ada seperti tradisi keluarga, suku, bangsa, negara, ideologi atau agama. Komunikasi ritual kadang bersifat mistik dan sulit dipahami diluar komunitas. contohnya : adat perkawinan orang batak yang memiliki ritual tersendiri di banding dengan perkawinan jawa.
  4. Fungsi Komunikasi Instrumental : isi dari komunikasi ini adalah untuk membujuk / persuasif. 


* Menurut Gordon I Zimmermen

  1. Fungsi Isi : menyelesaikan tugas-tugas penting bagi kebutuhan kita.
  2. Fungsi Hubungan : menciptakan dan memupuk hubungan dengan orang lain.


* Menurut Rudolph F Verdeber.

  1. Fungsi sosial : untuk kesenangan, berhugungan dengan orang lain. 
  2. Fungsi pengambilan keputusan : memutuskan untuk mengambil keputusan atau tidak.
*Judy C Pearson & Paul E Nelson

  1. kelangsungan hidup diri sendiri : keselamatn fisik, meningkatkan kesadaran,mencapai ambisi pribadi
  2. kelangsungan hidup masyarakat : memprbaiki hubgungan sosial.


B. Hakikat Komunikasi
   
     Komunikasi adalah Ilmu terapan sosial dan multidisipliner ilmu. yang di maksud adalah ilmu komunikasi merupakan gabungan atau adaptasi dari beberapa ilmu. dan bukan merupakan ilmu murni.

C. Unsur Unsur Komunikasi 
     menurut Laswell, terdapat Sumber, sebagai aktor atau komunikan yang menjadi sumber dalam suatu komunikasi. kemudian sumber menyampaikan Message atau pesan yang terdiri dari verbal dan non verbal. kegiatan ini disebut encoding ( melalui simbol untuk menyampaikan pesan) Sumber memberikan pesan dapat melaui Channel atau media/saluran/alat yang digunakan sumber untuk menyampaikan pesan. Setelah itu pesan yang di sampaikan sumber akan di terima oleh Receiver, pesan yang diterima receiver disebut dengan decoding (penerjemahan). kemudian setelah pesan di terima oleh receiver, receiver akan melakukan Efek. Efek yang dilakukan oleh receiver merupakan feed back yang di terima oleh sumber. tujuan efek itu sebagai informing dan persuading atau mempengaruhi pihak lain. aspek aspek yang di pengaruhi antara lain :

  • pengetahuan / kognitif
  • perasaan / efektif
  • sikap / konatif
  • tindakan / behavior
D. Manfaat Komunikasi 

  • menyampaikan informasi
  • mendiidk
  • membujuk 
  • menghibur
E. Konseptualisasi Komunikasi 

  • Komunikasi sebagai tindakan satu arah. tidak adanya feedback, khalayak pasif dan berfungsi hanya sebagai sumber. 
  • komunikasi sebagai interaksi. interaksi berarti saling mempengaruhi. 
  • Komunikasi sebagai transaksi. komunikasi transaksi tidak membatasi kita pada komunikasi yang disengaja / respons nya tidak dapat kita amati. 
F. Konteks-Konteks Komunikasi
  1. Komunikasi Intrapribadi : Komunikasi dengan diri sendiri. Mempersepsikan makna pesan orang lain. contohnya berpikir.
  2. Komunikasi Antarpribadi : Komunikasi antara orang-orang secara tatap muka, memungkinkan setiap pesertanya menangkap reaksi orang lain secara langsung, baik verbal maupun non verbal. ciri khusus dalam komunikasi antar pribadi adalah komunikasi diadik yang melibatkan hanya dua orang. contohnya : suami istri, dua sahabat dekat dll. Ciri2: pihak yg berkom dlam jarak yg dekat,pihak yang berkom menerima pesan secara spontan dan simultan, baik secaraverbal dan non verbal, bersifat spontan, menerima umpan balik secara maksimal,partisipan fleksibel sebgai penerima atau pemberi pesan.
  3. Komunikasi kelompok (kecil): yaitu sekumpulan orang yang mempunyai tujuan bersama, yang berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama (adanya saling kebergantungan) contoh nya : keluarga, kelompok diskusi, arisan. Ciri2 nya : bersifat tatap muka, terdapat umpan balik yang dapat di lihat langsung.
  4. Komunikasi publik (besar) : Komunikasi antara seorang pembicara dengan sejumlah besar orang (khalayak) yang tidak bisa dikenali satu persatu. contohnya : berpidato, ceramah. ciri2 nya : Berlangsung lebih formal, persiapan pesan yang cermat, keberanian dan kemampuan menghadapi sejumlah besar orang, satu pihak (pendengar) cenderung pasif, umpan balik terbatas terutama verbal, terjadi di tempat umum, terdapat agenda. bertujuan untuk menghibur, memberi penghormatan, membujuk.
  5. Komunikasi organisasi : Kom yg terjadi dlm suatu organisasi, bersifat formal (menurut struktur orgs y/ kom ke bawah, ke atas, kom horisontal) maupun informal (tidak tergantung pada struktur organisasi, ex: gosip, selentingan, komunikasi antarsejawat), berlangsung dalam jaringan besar daripada komunikasi kelompok
  6. Komunikasi massa : Komunikasi yg menggunakan media massa, baik cetak (surat kabar, majalah) atau elektronik (radio, tv), berbiaya relatifmahal, yg dikelola o/ suatu lembaga atauorg yg dilembagakan, yg ditujukan kpd sekumlah besar org yg tersebar di banyak tempat, anonim, dan heterogen Ciri: pesan bersifat umum, serentak dan selintas (esp. media elektronik)
  7. Komunikasi Medio : merupakan pertengahan antara komunikasi tatap muka dengan komunikasi massa. Ditandai dengan penggunaan teknologi dan berlangsung dl kondisi khusus dan melibatkan peserta yg dpt diidentifikasi (penerima pesannya relatif sedikit dan diketahui o/ komunikator. Ex: telepon, fax, email, spanduk, poster, pamflet,surat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar