Komunikasi persuasif adalah komunikasi yang bertujuan
untuk mengubah atau memengaruhi kepercayaan, sikap, dan perilaku seseorang
sehingga bertindak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh komunikator
Pada umumnya sikap-sikap individu/ kelompok yang
hendak dipengaruhi ini terdiri dari tiga komponen:
2. Afektif - perilaku dimana individu mempunyai kecenderungan untuk suka atau tidak suka pada
objek.
3. Konatif - perilaku yang
sudah sampai tahap hingga individu melakukan sesuatu (perbuatan) terhadap
objek.
Kepercayaan/ pengetahuan seseorang tentang sesuatu
dipercaya dapat memengaruhi sikap mereka dan pada akhirnya memengaruhi perilaku
dan tindakan mereka terhadap sesuatu. mengubah pengetahuan seseorang akan
sesuatu dipercaya dapat mengubah perilaku mereka. Walaupun ada kaitan antara
kognitif, afektif, dan konatif - keterkaitan ini tidak selalu berlaku lurus
atau langsung.
Contoh:
"Budi tahu/ percaya
(kognitif) bahwa mobil Mercedes-Benz itu mobil yang bagus. Budi juga
senang (afektif) melihat bentuk mobil tersebut saat melenggang di jalan.
Tetapi Budi tidak akan membeli mobil Mercedes-Benz (konatif), karena ia
tidak punya uang."
Tidak ada komentar:
Posting Komentar