Nama Kelompok :
Yhosafat Bagus K.A 120904842
Onma Try Putra 120904786
Astasari Dharmesti 120904586
Cecilia Pretty G. 120904564
Aditya A. Aditama 120904553
Definisi
Advertising
: Komunikasi melalui media, advertising mempunyai kontrol atas isi dan
penempatan. (Cutlip, Center dan Broom,
2006 : 14)
:
Periklanan merupakan pesan-pesan penjualan paling persuasif yang diarahkan
kepada calon konsumen yang paling potensial atas produk barang atau jasa
tertentu dengan biaya yang palin ekonomis.
:
Kegiatan menarik perhatian publik untuk membeli barang atau jasa melalui media.
Periklanan adalah salah satu teknik pemasaran disamping kegiatan PR, penjualan
dan sales promotion. (Hardiman, 2006 : 2)
Marketing : Sebagai proses sosial dengan mana
individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka lakukan dan inginkan dengan
menciptakan dan mempertukarkan produk dan nilai dengan individu dan kelompok
lainnya. (Kottler,1990)
Marketing Mix : represents the collection of all elements in
an organization’s marketing mix that facilitate exchanges by establishing
shared meaning with the organization’s customers or clients. (Shimp, 1993 :
8)
:
Merupakan kegiatan dalam marketing yang didalamnya
terdapat 4 prinsip pemasaran, yang bertujuan untuk meningkatkan
penjualan produk dan pelayanan, PR di butuhkan oleh marcom untuk fungsi promosi
(periklanan, publisitas, packaging, tradeshow dan display, special events).
Dalam marcom ada strategi pemasaran yang lebih luas dari sekedar kegiatan
promosi dan periklanan karena meliputi kegiatan PR. (Hardiman, 2006 : 73)
Promotions :
are often regarded as a more direct form
of persuasion, based frequently on external incentives rather than inherent
product benefits, designed to stimulate immediate purchase and to “move sales
forward” more rapidly than would otherwise occur. (Rossiter dan Percy, 1997
: 3)
:
salah satu dari empat unsur pemasaran. Kegiatan promosi sendiri merupakan
gabungan kegiatan : iklan, penjualan, sales promotion, publisitas dan PR. (Hardiman,
2006 : 100)
Publisitas :
Mempopulerkan keunggulan organisasi untuk mendapat liputan di media-media
potensial melalui kegiatan atau berita yang strategis. Kegiatan publisitas
harus menarik perhatian media dan masyarakat, agar menjadi perbincangan luas.
Keunggulan publisitas adalah biaya sangat rendah karena tidak memasang iklan,
mis jika kegiatan tsb diliputi dan disiarkan di program berita sore TV. (Hardiman,
2006 : 108)
:
Informasi yang disediakan oleh sumber
luar yang digunakan oleh media karena informasi itu memiliki nilai berita.
Contoh dalam pers realese.
Penjelasan :
Dari
gambar disamping, dapat kita
ketahui bahwa dalam suatu perusahaan terdapat bagian Marketing Mix yang biasa disebut perpaduan pemasaran. Marketing Mix dibagi menjadi empat
bagian, yaitu Product, Price, Place,
Promotion. Di dalam bagian Promotion,
terdapat beberapa alat (tools)
dimana Public Relations dan Advertising masuk ke dalam tools
tersebut. Tetapi ke dua tools tersebut memiliki peran yang
berbeda. Public Relations berperan
untuk membangun relasi antar pihak internal dan pihak eksternal suatu
perusahaan, melaksanakan publisitas, dan menyamakan persepsi. Membangun relasi
yang dimaksud, seperti kerja sama antar perusahaan, membuat suatu event, dan
lain – lain. Publisitas suatu perusahaan yang dilakukan Public Relations seperti menyebarkan pers release untuk menarik media, mengadakan event dengan banyak
sponsorship yang saling menguntungkan. Sedangkan advertising berfokus pada
menanamkan brand suatu produk
perusahaan pada benak khalayak dan packaging suatu produk. Untuk membuat calon
konsumen akan tertarik melihat, memilih, memakai, atau mengkonsumsi produk yang
di tawarkan.
Daftar Pustaka
Cutlip, Scott M, dkk. (2011). Effective Public Relations. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Hardiman,
Ima. (2006). 400 Istilah PR Media dan
Periklanan. Jakarta: Gagas Ulung Publisher.
Jones,
John Philip. (1998). How Advertising
Work: The Role of Research. United States of America: SAGE Publications,
Inc.
Rossiter,
John R dan Larry Percy. (1996). Advertising
Communications and Promotion Management. New York: McGraw-Hill.
Shimp,
Terence A. (1993). Promotion Management
and Marketing Communications. United States of America: The Dryden Press.
Widyatama, Rendra. (2005). Pengantar Periklanan. Jakarta Pusat : Buana Pustaka Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar