Sabtu, 05 Oktober 2013

Advertising, Publisitas, Marketing, Public Relations

Nama Kelompok :
Yhosafat Bagus K.A               120904842
Onma Try Putra                      120904786
Astasari Dharmesti                 120904586
Cecilia Pretty G.                      120904564
Aditya A. Aditama                  120904553

Definisi
Advertising        : Komunikasi melalui media, advertising mempunyai kontrol atas isi dan penempatan.  (Cutlip, Center dan Broom, 2006 : 14)
                           : Periklanan merupakan pesan-pesan penjualan paling persuasif yang diarahkan kepada calon konsumen yang paling potensial atas produk barang atau jasa tertentu dengan biaya yang palin ekonomis.
                           : Kegiatan menarik perhatian publik untuk membeli barang atau jasa melalui media. Periklanan adalah salah satu teknik pemasaran disamping kegiatan PR, penjualan dan sales promotion. (Hardiman, 2006 : 2)

Marketing           : Sebagai proses sosial dengan mana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka lakukan dan inginkan dengan menciptakan dan mempertukarkan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya. (Kottler,1990)

Marketing Mix  : represents the collection of all elements in an organization’s marketing mix that facilitate exchanges by establishing shared meaning with the organization’s customers or clients. (Shimp, 1993 : 8)
: Merupakan kegiatan dalam marketing yang didalamnya terdapat 4 prinsip pemasaran, yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk dan pelayanan, PR di butuhkan oleh marcom untuk fungsi promosi (periklanan, publisitas, packaging, tradeshow dan display, special events). Dalam marcom ada strategi pemasaran yang lebih luas dari sekedar kegiatan promosi dan periklanan karena meliputi kegiatan PR. (Hardiman, 2006 : 73)

Promotions         : are often regarded as a more direct form of persuasion, based frequently on external incentives rather than inherent product benefits, designed to stimulate immediate purchase and to “move sales forward” more rapidly than would otherwise occur. (Rossiter dan Percy, 1997 : 3)
                           : salah satu dari empat unsur pemasaran. Kegiatan promosi sendiri merupakan gabungan kegiatan : iklan, penjualan, sales promotion, publisitas dan PR. (Hardiman, 2006 : 100)

Publisitas            : Mempopulerkan keunggulan organisasi untuk mendapat liputan di media-media potensial melalui kegiatan atau berita yang strategis. Kegiatan publisitas harus menarik perhatian media dan masyarakat, agar menjadi perbincangan luas. Keunggulan publisitas adalah biaya sangat rendah karena tidak memasang iklan, mis jika kegiatan tsb diliputi dan disiarkan di program berita sore TV. (Hardiman, 2006 : 108)
                           : Informasi yang disediakan oleh sumber luar yang digunakan oleh media karena informasi itu memiliki nilai berita. Contoh dalam pers realese.
                          

Penjelasan :

                   Dari gambar disamping, dapat kita ketahui bahwa dalam suatu perusahaan terdapat bagian Marketing Mix yang biasa disebut perpaduan pemasaran. Marketing Mix dibagi menjadi empat bagian, yaitu Product, Price, Place, Promotion. Di dalam bagian Promotion, terdapat beberapa alat (tools) dimana Public Relations dan Advertising masuk ke dalam tools tersebut.  Tetapi ke dua tools tersebut memiliki peran yang berbeda. Public Relations berperan untuk membangun relasi antar pihak internal dan pihak eksternal suatu perusahaan, melaksanakan publisitas, dan menyamakan persepsi. Membangun relasi yang dimaksud, seperti kerja sama antar perusahaan, membuat suatu event, dan lain – lain. Publisitas suatu perusahaan yang dilakukan Public Relations seperti menyebarkan pers release untuk menarik media, mengadakan event dengan banyak sponsorship yang saling menguntungkan. Sedangkan advertising berfokus pada menanamkan brand suatu produk perusahaan pada benak khalayak dan packaging suatu produk. Untuk membuat calon konsumen akan tertarik melihat, memilih, memakai, atau mengkonsumsi produk yang di tawarkan.

       
             
Daftar Pustaka

Cutlip, Scott M, dkk. (2011). Effective Public Relations. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Hardiman, Ima. (2006). 400 Istilah PR Media dan Periklanan. Jakarta: Gagas Ulung Publisher.
Jones, John Philip. (1998). How Advertising Work: The Role of Research. United States of America: SAGE Publications, Inc.
Rossiter, John R dan Larry Percy. (1996). Advertising Communications and Promotion Management. New York: McGraw-Hill.
Shimp, Terence A. (1993). Promotion Management and Marketing Communications. United States of America: The Dryden Press.

Widyatama, Rendra. (2005). Pengantar Periklanan. Jakarta Pusat : Buana Pustaka Indonesia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar